Wednesday, January 27, 2010

Email Keren Di Milis IA-ITB

Dapet Email keren di milis IA-ITB yang dikirim oleh Pak Angki Hermawan, EL 79. Isinya kira-kira begini:


Visi Lulusan ITB Muda Pencari Kerja

Idealnya ada keseimbangan minat dan keberanian lulusan ITB muda antara bekerja di sektor Pemerintah dan Swasta. Dan juga antara bekerja di Perusahaan Besar dan Perusahaan Kecil.

Kenapa saya menyarankan lulusan ITB muda sebaiknya juga bekerja di Perusahaan Kecil ?

Alasannya; (1) Perusahaan Kecil lebih membutuhkan orang yang pintar dibandingkan Perusahaan Besar. (2) Cikal bakal Perusahaan Besar adalah Perusahaan Kecil, sehingga makin banyak Perusahaan Kecil yang maju, maka ekonomi Indonesia akan makin maju juga. (3) Lulusan muda ITB mempunyai kemungkinan jauh lebih cepat untuk maju dan menduduki posisi tinggi di Perusahaan Kecil itu. (4) Belajar untuk jadi entrepreneur lebih mudah. (5) Bisa menjadi co-owner karena pemilik Perusahaan Kecil akan bersedia membagi kepemilikannya dibandingkan pemilik Perusahaan Besar. (6) Akhirnya, soal gaji juga dalam jangka panjang akan lebih baik karena Perusahaan Kecil menjadi besar dan posisi kita sudah tinggi serta ingat!! adanya BALAS BUDI pemilik.

Kenapa anak ITB ingin selalu kerja di Perusahaan Multinasional, Perusahaan Besar ? Karena kita berfikir bahwa Perusahaan Besar akan memberi kesejahteraan yang lebih makmur, skill yang lebih baik, lulusan MNC laku kerja dan gajinya mahal dll. Ini tidak semuanya salah, tetapi tidak selalu benar juga. Terjadi self-fulfilling prophecy juga disini karena Perusahaan Kecil tidak berhasil mempunyai karyawan baik sehingga menjadi susah maju, ada kesalahan kita juga yang tidak mau joint Perusahaan Kecil sehingga mereka tidak menjadi kuat dan akhirnya tidak bisa bayar kita mahalan dikit.

Astra Intl, pada tahun 1968 didirikan si Oom William, mulanya adalah perusahaan kecil. Tetapi pak Teddy, Benny Subianto, mau joint, mereka tidak cari kerja di Citibank, yang mulai juga hadir di Indonesia tahun 1968 itu. Kita lihat sendiri hasilnya. Piet Yap, Ibrahim Risyad, dkk, joint Oom Liem kurang lebih tahun yang sama, oom Liem saat itu masih kecil, kita lihat sekarang hasilnya.

Mereka yang joint MNC tahun-tahun itu, secara average mungkin kesejahteraannya lumayan saja, tetapi tidak ada yang menjadi orang yang sangat kaya. Nah saya menghimbau kepada adik-adik lulusan muda ITB, kalau anda memiliki “greed” ingin jadi orang yang sangat sejahtera, ingin sangat kaya, maka marilah kita menganut faham “make it or break it” berani mati ngga usah takut apa-apa dan sabar, ingat prinsipnya finance “high risk high return”. Tentunya harus halal, kalau ngga KPK menanti anda, he he he he he.

Salam.


Oleh karena itu, ayo ramai-ramai kirim Lamaran dan CV ke hrd@sangkuriangstudio.com :

4 comments:

  1. sangkuriang studio tuh perusahaan lo za?
    btw, bagus juga nih visi misi nya hahahha

    ReplyDelete
  2. salam kenal,,,,
    saat saya lagi butuh inspirasi, temen saya mereferensikan blog ini. Sungguh menginspirasi isi2nya apalagi di title yg saya komenin skrg....

    ReplyDelete
  3. @nduk achie
    salam kenal juga. Punya blog atau web juga? boleh tau alamatny?

    ReplyDelete
  4. Ada sih, tapi belum diisi. Pengen banget nulis, tapi bingung :), ada saran buat newbie sperti saya?

    ReplyDelete