Tuesday, April 13, 2010

Nusantara Online: Historical View

Disini gw akan bercerita mengenai nusantara online dari sudut pandang gw. Semua bermula dari pindahnya kontrakan gw ke daerah sangkuriang. Waktu itu anak-anak di kosan mempunyai keinginan kuat untuk membuat perusahaan IT. Berkumpulah sebagian anak-anak informatika itb 2003 untuk merencanakannya dalam suatu rapat. Kali ini tidak hanya anak-anak kosan gw, tapi juga banyak temen-temen seangkatan lain. Untungnya rapat ini tidak memakan waktu lama, hehe.

Lalu kemudian diadakan rapat lanjutan untuk menentukan produk apa yang akan dibuat. Kali ini berlansung lama dan beberapa kali dilakukan, karena setiap orang yang tergabung didalam sangkuriang studio diwajibkan memajukan ide, dan ide tersebut dibahas satu demi satu. Akhirnya terpilihlah ide produk MMORPG bertema sejarah indonesia. Ide merupakan ide yang dibawa oleh Amudi Sebastian waktu itu.

Sehingga akhirnya, pada tengah tahun 2006, dicodinglah int main()-nya untuk MMORPG bertema sejarah indonesia. Saat itu belum bernama Nusantara Online.

Minggu demi minggu dilewati, kode demi kode ditambahkan, website demi website dikunjungi, tutorial demi tutorial di pelajari. pada awal-awal, lebih fokus kepada mencari library2, framework2, atau apapun yang dapat mendukung pembuatan game MMORPG. Lalu kemudian, pada tahun ini juga nama Nusantara Online resmi digunakan sebagai nama produk yang akan dibuat. Selain itu, dipastikan juga akan mengembangkan game ini dengan menggunakan OGRE. Dan lagi, pada periode ini nama Sangkuriang Studio mulai digunakan.

Di tengah sampai akhir tahun 2006 ini, Sangkuriang Studio juga menambahkan personel-personelnya hingga berjumlah 19 orang.

Jika tidak salah ingat, di awal 2007 terdapat kompetisi coding marathon di ITB, dan beberapa core-coder dari Nusantara Online mengikutinya. Akhirnya pada lomba tersebut, dimajukan konsep untuk memisahkan layer gameplay dengan layer engine-nya, sehingga terciptalah project Angel, yang saat ini merupakan game engine yang digunakan untuk mengembangkan Nusantara Online.

Pada tengah tahun 2007, kami mengikutkan Nusantara Online pada INAICTA 2007, yang akhirnya keluar sebagai top 3 aplikasi multimedia. INAICTA ini juga kalo ga salah merupakan event terbesar sampai saat ini yang diikuti oleh seluruh personel Sangkuriang Studio.

Tengah dan akhir tahun 2007 merupakan tahun pemilihan. Tidak sedikit personel dari Sangkuriang Studio yang lulus pada tahun ini. Oleh karena itu, pada periode ini diciptakan mekanisme bagaimana cara untuk tetap berkontribusi bagi Sangkuriang Studio selain dari kehadiran fisik untuk coding. Dari ini, tercipta beberapa opsi yang bisa dipilih oleh personel-personel Sangkuriang Studio. Ada yang memilih opsi untuk tetap di Sangkuriang Studio, ada yang memilih untuk bekerja di tempat lain namun tetap berkontribusi di Sangkuriang Studio dengan caranya masing-masing.

Memasuki 2008, terdapat suatu kejadian yang cukup membawa perubahan yaitu dengan mulai bekerja samanya Telegraph untuk mengembangkan Nusantara Online. Berasal dari cita-cita yang sama ingin mengembangkan game MMORPG bertema sejarah Indonesia, kerjasama ini membuat Sangkuriang lebih memfokuskan diri terhadap teknis dari programming dan pendukung lainnya, sedangkan Telegraph mengembangkan contentnya berupa 2D, 3D, gambar, animasi, cerita, dan lain-lain.

Tidak hanya Telegraph, Sangkuriang Studio juga bekerjasama dengan suatu perusahaan yang nantinya disebut dengan Nusakom. Nusakom ini mengambil porsi untuk game publishing. Server, marketing dan lain-lain yang berhubungan dengan publishing Nusantara Online akan dipegang oleh Nusakom. Jadi buat temen-temen yang bertanya dalam hati mengapa dalam publisitas Nusantara Online, tidak kenal dengan orang yang diwawancarai oleh wartawan, itu karena mereka adalah personel-personel Nusakom dan telegraph. hehe. Personel Sangkuriang Studio masih tetap kami, hehe.

Pada tahun 2009, sudah beberapa kali ada rencana untuk me-release Nusantara Online, namun rencana tersebut belum bisa dipenuhi dari sisi teknis. Disini saya akhirnya menyadari kenapa Manage language diciptakan, hehe, karena mengurusi memory untuk suatu aplikasi yang complex merupakan hal yang sangat complex. Kode ratusan ribu baris seringkali membuat kami tenggelam didalamnya. Regression Error, Deadlock, Racing Condition, Network Failure, Dangling Pointer, Memory Corruption merupakan hal yang seakan tidak ada habisnya di Nusantara Online. Bisa dikatakan tahun ini merupakan tahun yang penuh dengan perjuangan.

Setelah perjuangan tanpa lelah pada tahun 2009, Nusantara Online sudah mulai mengudara pada tahun 2010 ini. Dengan server utama berada di telkom dan installer yang dapat didonlot. Nusantara Online memasuki tahap Beta Testing.

Disatu sisi terdapat kelegaan yang dalam hati, namun perjuangan tidak selesai sampai disini. Nusantara Online sendiri masih jauh dari ideal bagi kami. Jalan masih panjang dan berliku. Semoga aja kami Sangkuriang Studio diberi kekuatan untuk menempuh jalan yang panjang dan berliku tersebut, hingga sampai pada Nusantara Online yang ideal menurut kami, dan diminati oleh tidak hanya orang Indonesia, namun oleh orang seluruh dunia. Amin.

16 comments:

  1. usul agar nusol dibikin artikel wikinya, biar jelas siapa yang sebenarnya ada di balik nusol. Pokoknya mah hail Rijaaa...

    ReplyDelete
  2. sori ya za kalo kodingan gw rada2 cupu gitu :P
    btw.. pertamax nggak?

    ReplyDelete
  3. @fahris
    bersedia menuliskan riz? hehe

    @ekow
    gw kali ko yang cupu codingnnya, hehe

    ReplyDelete
  4. kalo sayah cuma nitip bug aja za...
    pastinya sudah dikau benahi lha itu....
    ehehehehe.....

    ReplyDelete
  5. semangat terus rizaaa! senang melihat mimpi kalian makin menjadi nyata :)

    salam buat anak2 SS, terutama FJE hehe

    ReplyDelete
  6. waw, merinding bacanya..

    selamat buat pencapaiannya sampai saat ini, dan selamat berjuang untuk ke depannya.. :)

    salam kenal, dari pemuda yg juga bermimpi bikin sesuatu seperti itu, yg kepake oleh banyak masyarakat dunia :)

    ReplyDelete
  7. Waaah hebat. Semangat mas aku mendukung mu :)

    ReplyDelete
  8. "Regression Error, Deadlock, Racing Condition, Network Failure, Dangling Pointer, Memory Corruption..." hail Rija! Semangat ya!

    ReplyDelete
  9. @adit
    bug lo terlalu susah buat gw dit, bro okta yang benerin, hehe

    @fio
    terima kasih atas dukungannya. Buat FJE kyknya bisa disampein sendiri kali, hehe

    @ilmanakbar
    terima kasih atas semangatnya. Salam kenal juga, dan ditunggunya kabar hasil mimpimu untuk membuat sesuatu itu

    @rauff
    terima kasih atas pujian dan dukungannya, karena pastinya kami akan sangat membutuhkannya

    @rika
    ajarin dong rik biar ga ngalamin masalah masalah tersebut, hu hu

    ReplyDelete
  10. hehehe, terharu deh eik bacanya, ja. Hayo semangat ya semuaaaah!

    ReplyDelete
  11. @otakusut a.k.a. cumi
    hehe, thkyu lel atas semangatnya. Dukung dong dengan memberi proyek2 ke kami, hehe

    ReplyDelete
  12. :D
    historical view euy..
    jadi nostalgia, ^.^

    ReplyDelete
  13. sungguh cerita yg luar biasa, salut...ditunggu cerita-cerita lainnya

    ReplyDelete
  14. @nduk achie
    oh ya? terima kasih atas penghargaannya,hehe

    ReplyDelete
  15. wah, keren sekaaali, sekarang nusol di kembangkan di mana di Bandung atau di Jakarta, kalo ingin ikut berkontribusi bisa kan????, rasanya bangga bisa ikut mengembangkan game produk dalam negri, ....

    ReplyDelete
  16. @boyranger

    pengembangannya letaknya di bandung, ingin kontribusi seperti apa nih? hehe

    ReplyDelete