Sunday, November 21, 2010

Mengefisienkan Screen-estate Ubuntu

Kerjaan Saya sekarang berkaitan dengan Java SE. Setelah mencoba develop di Windows 7 dan Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, kerasa (perasaan aja) kayaknya compile dan running di Ubuntu lebih cepat. Oleh karena itu Saya memutuskan untuk kerja dengan Ubuntu.

Namun ada 1 hal yang mengganggu Saya di Ubuntu, yaitu screen-estatenya yang tidak efisien. Font di Ubuntu terlalu besar, dan GUI-GUI-nya rata-rata menghabiskan space yang cukup besar. Karena Saya termasuk orang yang rese, hehe, Saya tidak bisa membiarkan hal ini.

Saya menghabiskan weekend untuk kostumisasi desktop agar effisien, Alhamdulillah hasilnya memuaskan, setidaknya bagi Saya. Sebenarnya hanya 2 langkah utama yang saya ambil, yaitu:
  1. membuat ubuntu terlihat seperti OS mac
  2. menginstall dan mengecilkan font-font

Membuat Ubuntu terlihat seperti OS mac
Banyak sekali sebenarnya tutorial untuk ini, googling saja dengan query : "make ubuntu look like mac", banyak hasil-hasil bermunculan yang 'works'. Setelah mencobanya, terdapat beberapa 2 hal penting yang Saya rasakan paling banyak manfaatnya, yaitu:
  • Global menu. Global menu seperti di OS mac sangat membantu mengefisienkan window-window di ubuntu
  • Application Dock. Tujuan utama Application Dock ini (Saya menggunakan Cairo Dock) adalah untuk menggantikan fungsi bar dibawah Ubuntu
pastikan kedua hal tersebut terinstall.

Menginstall dan mengecilkan Font
install font-font yang disukai, Saya sendiri akhirnya menggunakan Bitstream Vera. Mengecilkannya dengan System > preferences > appearance > Font. Yang defautnya 'Sans' Saya ganti dengan Bitstream Vera Sans Roman, sedangkan yang fixed width saya gantikan dengan Bitstream Vera Sans Mono Roman. Seluruhnya dengan size 8. Kemudian di Font > details, Saya ganti dot per inchnya dengan 90.


Setelah dua hal diatas dilakukan, maka Desktop Ubuntu akan terlihat sangat efisien. Dengan begini, development dengan Ubuntu akan terasa lebih nyaman.

No comments:

Post a Comment