Monday, November 15, 2010

Trend Software Development Tahun Ini

Tahun ini memang masih ada satu setengah bulan lagi, tapi ga ada salahnya dong, kalo Saya buat review versi pribadi apa yang lagi ngetrend di tahun ini yang berhubungan dengan Software development, hehe. Without further ado, here:
  1. Distributed Version Control War
  2. Functional Programming
  3. NoSQL
  4. Java
  5. Cloud
Distributed Version Control War
Tak dapat disangsikan lagi, meski SVN masih paling umum digunakan dan terus dikembangkan, konsepnya yang Centralized akan tetap melekat. Meski tidak akan seluruhnya tergantikan dengan Version Control generasi selanjutnya yang mengusung teknologi distributed, namun secara fitur memang sudah 'terlewati'. Untungnya masih terjadi 'perang' antar 3 besar Distributed Version Control. Bazaar dari Canonical, Git dari Linus Torvald, dan Mercurial dari Selenic. Wajar saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya yang kebetulan saling kontras. Perang ini tampaknya masih akan terus berlanjut

Functional Programming
entah dimulai dari kapan, namun functional programming tahun ini sedang dalam sorotan. Berbagai bahasa imperative yang terkenal seperti C++, Java, C# mulai/sudah memfasilitasi functional programming. Banyak sekali claim yang beredar di internet yang menyatakan bahwa jika seorang programmer menguasai functional programming, maka skill codingnya akan meningkat exponensial, belum lagi perusahaan-perusahaan besar mencari developer yang menguasai bahasa imperativ DAN functional. Haha, terlepas benar atau tidak, tidak ada salahnya untuk memperlajari functional programming ini.

NoSQL
menurut Saya, NoSQL ini merupakan inovasi yang out of the box. Bagaimana tidak, NoSQL ini menghilangkan fitur SQL pada suatu database, sehingga yang tersisa adalah penyimpanan data berbasiskan Key-Value. Namun tak disangka, hal ini justru menghasilkan aplikasi database yang powerfull, robust dan scalable sehingga aplikasi semacam Facebook yang memiliki ratusan juta user tidak kesulitan menyimpan dan me-retrieve data dalam waktu yang dapat ditoleransi oleh penggunanya. Kabarnya, database google untuk menyimpan index-indexnya juga berkonsep NoSQL ini.

Java
The great Java. Terlepas dari kekurangan-kekurangannya, tak dapat dipungkiri jumlah library-nya yang tidak terbatas dan kemampuannya untuk multiplatform. Namun Java tahun ini ramai bukan karena Java 7-nya, namun karena dibelinya SUN oleh Oracle. Oracle terkenal suka meng-komersial-kan Software-software yang didapatnya dari membeli pemilik asli software tersebut. Kabarnya Oracle juga akan merilis JVM yang komersial. Bagaimana ya nasib Java kedepannya?

Cloud
Ah, Cloud Computing. Cloud computing ini mulai ramai pada saat aplikasi web menggantikan posisi aplikasi desktop. Contoh paling jelas adalah munculnya Google Docs, yang memiliki fitur mirip dengan Microsoft Office. Saat ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang tadinya hanya terdapat pada aplikasi desktop, terdapat juga versi web-nya. Namun mungkin di Indonesia kurang begitu kerasa, karena koneksi internetnya yang tidak stabil. Meski begitu, tidak dipungkiri pergerakan software mulai menuju web, yang mana dapat mengcover baik PC maupun mobile device

Bagaimana ya dengan trend tahun depan? semoga terdapat hal-hal baru yang menarik


No comments:

Post a Comment