Sunday, May 15, 2011

Belajar Operation Management, Day 1

Operation adalah part yang besar dalam kegiatan day-to-day suatu organisasi, khususnya perusahaan. Pada bagian inilah produk atau jasa dibuat. Oleh karena itu, Operation Management merupakan hal yang penting, karena OM ditujukan untuk mengelola Operation dengan tujuan agar lebih efektif dan efisien.

Operation yang Efisien adalah operation yang dapat berjalan dengan seminimal mungkin input resource. Operation yang Effektif adalah operation yang menciptakan value paling besar untuk organisasi, dimana yang dimaksud dengan value adalah quality/price. Sehingga value yang tinggi dapat dicapai dengan meningkatkan kualitas, atau menurunkan harga.

Bagi perusahaan, value yang meningkat dapat berdampak customer yang meningkat, sedangkan seminimal input resource berarti penghematan. Customer meningkat + penghematan hanya berarti peningkatan pemasukan.

Untuk mencapai Operation yang Efisien dan Efektif, Operation perlu di Manage. Sehingga Operation Management itu sendiri dapat dikatakan sebagai rancangan, operasional dan peningkatan system yang menciptakan produk atau jasa perusahaan.

Kegiatan penciptaan produk/jasa perusahaan meliputi hampir seluruh kegiatan perusahaan, sehingga memanage-nya juga memiliki kategori yang terbagi dalam scope-scope antara lain:
  • Strategic: Jangka panjang, seperti pemilihan lokasi dan penentuan kapasitas produksi.
  • Tactical: Jangka menengah, seperti keputusan tengan berapa kebutuhan pekerja
  • Operational Planning and Control: Jangka pendek, seperti menentukan task apa untuk hari ini
All in all, Operation Management adalah krusial bagi perusahaan manapun untuk kelangsungan perusahaannya, karena ia memerankan peran vital dalam salah satu kegiatan perusahaan yang paling penting, yaitu kegiatan untuk menciptakan produk/jasa.

No comments:

Post a Comment