Wednesday, July 22, 2009

Industri Infrastruktur dan Konten

Terinspirasi dari sini, jadi kepikiran sesuatu. Selama ini banyak istilah yang gw denger mengenai industri infrastruktur dan industri konten dalam internet. Sepengetahuan gw yang dangkal, industri infrastruktur itu berkaitan dengan bagaimana membuat koneksi internet dapat dinikmati orang. Banyak pemain dan produk disini, sebut saja dengan speedy, melsa, centrin, fastnet dkk. Begitu juga dengan flash, im2, dan lainnya. Sedangkan industri konten berkaitan dengan website, email, instant messaging (YM, MSN) dkk.

Pernah ada yang bilang ke gw, asumsi dia Bapak2 Juragan Infrastruktur, begini: "Infrastruktur sedang diusahakan oleh kami, nanti konten-nya itu bagian kalian". Pemikiran positif gw, baik ya generasi IT pendahulu gw, menyediakan infrastruktur agar memudahkan generasi IT sekarang untuk fokus ke konten aja.

Yang seru itu pemikiran negatif gw, hehe. Prinsipnya begini, rata-rata jasa/layanan dengan menggunakan internet itu gratis bukan? sebut aja facebook, YM, email, google dkk yang bisa dinikmati siapa saja. Dan sekarang muncul BlackBerry. Meskipun mereka udah kaya, si google, yahoo, dkk itu, harusnya mereka dikasih royalti juga oleh para perusahaan infrastruktur. Bagaimana engga, justru karena mereka kan internet jadi rame? orang-orang berfacebook ria, berchating ria, bersearch ria, dll. Belom diitung situs situs XXX. Jadi si bapak itu bilang begitu, bilang saatnya konten bagian kita, itu supaya dia makin untung karena jualan infrastruktur makin laku. Jadi semakin kaya generasi kita dengan industri konten, semakin kaya juga mereka dengan industri infrastrukturnya. Keadaan yang engga jelek juga sih, tapi kalo misalnya kita mampu ngambil dua-duanya, lebih bagus lagi, hehehehe (ketawa licik).

Tapi pertanyaannya, bisa ga ya? coding saja udah susah, musti ngurus kabel/nirkabel lagi. Semoga ada yang bisa deh, he he




3 comments:

  1. setuju za, harusnya qta bisa yah merambah industri itu, cuman sayangnya pasti industri infrastruktur itu udah dirambah sama pemain-pemain besar.. seperti juga industri penyedia handset mobilenya, haha.. tapi kalo keinginan lo kuat (dan modal yang kuat juga), gw yakin elo pasti bisa deh za.. haha..

    ReplyDelete
  2. @Harris

    Harris!!! pa kabar bro? gw mendengar kabar lo mulai aktif lagi, hehe, bagus bro.
    Amin deh ris, semoga bisa, hehe, tapi mo fokus di konten dulu

    ReplyDelete
  3. haha baek za, i'm just back to the community i was belong in, lo koq gak keliatan kemaren, sibuk dengan proyek2 nih kayanya, haha.. tetap berkarya bro :)

    ReplyDelete