Sunday, August 16, 2009

Seputar Nasionalisme

Kemaren sempet liat berita di TV, lagi meliput tentang sepinya bisnis jual bendera merah putih oleh pedagang kaki lima musiman. Lalu oleh si berita itu, dimunculkan pertanyaan "apakah nasionalisme bangsa ini sudah mulai turun?" kalo gw pikir, aga provokator juga ni berita, jarangnya orang beli bendera baru dikaitkan dengan turunnya sikap nasionalisme. Mungkin aja justru sebaliknya, nasionalisme orang-orang makin tinggi sehingga bendera dari tahun lalu bener-bener disimpan dengan baik sehingga tinggal digunakan lagi tahun ini, hehe.

Tapi mau ga mau merasuk ke otak gw sehingga tergelitik untuk mencoba sedikit memikirkan, setidaknya jawaban 'ya' atau 'tidak'. Tapi kemudian berita tersebut memberikan gw satu alasan yang mungkin mendukung untuk menjawab 'ya' (berartinya turunnya nasionalisme), yaitu tentang berita TKW yang disiksa di Uni Emirat Arab. Disana diberitakan seorang TKW dari bekasi, karawang kalo ga salah, di sekujur tubuhnya penuh luka-luka, ada yang kayak bekas pukul, ada yang kayak bekas bakar, ada yang bekas sayat, pokoknya memprihantinkan lah. Ditambah lagi, gaji 15 bulan belom dibayarkan (sekali lagi, katanya si berita).

Meski akhir-akhir ini sedikit meragukan media karena kelebay-annya, gw kondisikan diri gw percaya bulet-bulet. Dan hal ini tampak.... gimana ya.... mayan kecewa sih ngeliatnya. Kayak pemerintah Indonesia ga peduli gitu ama rakyatnya yang mungkin mendatangkan devisa buat negara. Kalo mikir dari sudut pandang negara, penganiyaan mungkin mereka pikir insignifikan, tapi kalo sampe gaji 15 bulan yang dijanjikan ga dibayarkan juga engga mereka urus, itu dah merugikan negara namanya. Kedubes disana kerjaannya ngapain aja y? kok hal kayak begini bisa ga keurus.

besok 64 Tahun Indonesia Merdeka. Semoga kedepannya bangsa ini lebih baik dari yang sudah-sudah, baik dari rakyatnya yang meningkat nasionalismenya, maupun dari pemerintah yang meningkat rasa cinta terhadap rakyatnya.

No comments:

Post a Comment