Monday, May 23, 2011

3 Common Sense yang Sedang Diterapkan

Mau berbagi tiga, um, mungkin Common Sense istilahnya ya, yang sedang dicoba untuk lebih ditanamkan lagi ke dalam diri gw. 3 Common Sense ini didapat dari sumber yang berbeda-beda dan ga ada hubungannya satu sama lain, yaitu:

  • Ketika membicarakan orang lain, anggap orang tersebut mendengarkan
common sense ini saya dapatkan dari suatu tempat di facebook-nya 7 habit. Common sense yang bagus, kalo semua orang menerapkan ini, ga ada lagi istilah kayak muka dua, manis didepan pahit dibelakang, dan tentunya kejujuran akan lebih terjaga. Some say, honesty is the best policy.
  • Happiness maybe just the way we look at things
Common sense ini saya dapatkan dari Hitman System. Simple, yet very sound. Bahkan meskipun dua orang melakukan kegiatan yang sama sekalipun. Let me give an example, Katakanlah si A dan B sama-sama programmer yang sering lembur. Si A menceritakan hidupnya hanya bangun pagi, pergi ke kantor, kerja sampai malam, pulang, trus tidur. Sedangkan si B menceritakan bahwa kesehariannya ia berlatih menuliskan mantra-matra (source code) agar bisa menghasilkan magic (aplikasi) yang dapat berguna bagi banyak orang. Saking asiknya bermantra-ria, dirasa sehari 24 kurang. si B jelas lebih bahagia dari si A.
  • Tidak tahan kritik dari orang lain adalah bukti inferiority yang tidak disadari.
Ini gw dapati dari Kakak gw. Jujur bagi gw ini common sense paling sulit dijelaskan, namun jika dirasakan, ada benarnya. Mungkin contoh paling gampangnya dosen, akan lebih ringan baginya jika kesalahannya dikoreksi mahasiswanya daripada oleh sesama dosen. Terhadap mahasiswanya, seorang dosen pasti merasa lebih 'kuat', sedangkan terhadap sesama dosen, tidak akan merasa se-'kuat' terhadap mahasiswa.

all in all, gw berharap common sense diatas dapat membuat gw a better person kedepannya, karena jika tidak, nanti termasuk golongan orang yang merugi dong? hehe








No comments:

Post a Comment