Wednesday, June 1, 2011

2 Cara Membuat Aplikasi Jadi Scalable

Gw bukan orang yang jago bikin aplikasi, meski bukan seorang pemula juga, adalah pengalaman sedikit. Jika ada kesalahan, mohon dibantu untuk memperbaikinya.

Sebelum bahas lebih lanjut, perlu dijelaskan maksud dari scalable disini. Aplikasi yang Scalable adalah aplikasi yang apabila pengguna-nya banyak, yang perlu dilakukan untuk memfasilitasinya adalah dengan menambah jumlah mesin, bukan upgrade spek mesin (ex: nambah memori mesin, nambah CPU mesin).

Sengetahuan gw yang masih belajar ini, scalable umumnya bisa dicapai apabila:

  • Sebisa mungkin aplikasi bersifat transaksional
Sifat transaksional disini maksudnya aplikasi tersebut apabila dijalankan oleh mesin yang berbeda, outputnya akan tetap sama. Misalkan ada web service yang menerima integer dan mengembalikan kuadrat-nya. Web service tersebut, jika dijalankan di beberapa server sekalipun, hasilnya akan konsisten untuk semuanya.
  • Usahakan kompleksitas semua algoritma dan memori O (log(n)), maksimal O(n), dan idealnya O(1)
Ya, kompeksitas algoritma dan memori berpengaruh terhadap scalability aplikasi. Kompleksitas O(n) adalah kompleksitas yang paling berat yang bisa di toleransi untuk scalability. Diatas O(n), semakin banyak user akan semakin cepat memperlambat sistem


Gw yakin sih masih banyak lagi, tapi sementara yang pernah bener-bener dirasain itu 2 diatas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment