Friday, June 3, 2011

3 Hal yang Dipelajari Dari Pohon

Suatu hari dapet broadcast dari Aghe (Hairudin), lulusan hukum UI, sempet jadi ketua Mapala UI juga. Bagus isinya, enjoy:

Tiga hal yang bisa kita pelajari dari pohon:

1. Pohon tidak makan dari buahnya sendiri
Buah adalah hasil dari pohon, dari mana pohon memperoleh makanan? pohon memperoleh makanan dari tanah. Semakin dalam akarnya makin banyak nutrisi yang diserap. Ini berbicara tentang kedekatan hubungan kita dengan Sang Pencipta sebagai sumber kehidupan.
Mengapa buah kurma manis? Pohon kurma ditanam di padang pasir. Bijinya ditaruh di kedalaman 2 meter, kemudian ditutup dengan 4 lapisan. Sebelum pohon kurma tumbuh, dia berakar begitu dalam dan tumbuh sampai menembus 4 lapisan tersebut dan menghasilkan buat yang manis ditengah padang pasir.
Ada proses tekanan yang begitu hebat ktika kita menginginkan hasil yang luar biasa. Seperti juga pegas yang memiliki dorongan kuat ketika ditekan.

2. Pohon tidak tersinggung ketika buahnya dipetik orang
Kadang kita protes, kenapa kerja keras kita yang menikmati justru orang lain? tapi justru inilah prinsip memberi.
Kita ini bukan bekerja untuk hidup, tapi bekerja untuk memberi buah. kita bekerja keras supaya kita dapat memberi lebih banyak kepada orang yang membutuhkan. Jadi bukan untuk kenikmatan sendiri.
Cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu, tapi... tidak pernah ada kata cukup untuk memberkati orang lain dengan pemberian kita.

3. Buah yang dihasilkan pohon itu menghasilkan biji, dan biji menghasilkan multiplikasi
Ini berbicara tentang bagaimana hidup kita memberi dampak positif terhadap orang lain.

Pemimpin itu bukan masalah posisi/jabatan, tetapi mengenai pengaruh dan inspirasi yang diberikan kepada orang lain. Selamat belajar menjadi pohon yang bermanfaat.


Tampak idealis sekali tulisannya ya, namun jika sebagian besar orang memang seperti itu, tentu dunia akan menjadi tempat yang lebih baik untuk semua

2 comments:

  1. Kirain td posting ttg pohon dlm programming (doh)

    ReplyDelete
  2. @reiSHA
    bicara pohon kepikiran programming? @_@ ga nyangka ternyata lo lebih geek daripada gw, keren-keren, hehe

    ReplyDelete