Thursday, December 8, 2011

RSS atau Atom Reader Dengan Google Reader

RSS/Atom adalah teknologi yang sudah lama ada dan sudah banyak digunakan. Untuk orang-orang yang sering browsing internet mengupdate info-info terbaru tentang apapun, RSS/Atom ini memudahkan mereka melakukannya.

Apa itu RSS/Atom?
RSS/Atom adalah teknologi yang memungkinkan kita mendapatkan summary dari informasi terbaru pada website yang kita pantau. Summary ini kadang berupa Judul saja, kadang Judul dan beberapa kalimat awal, kadang seluruh isi informasi terbaru, tergantung dari website yang kita pantau.

Kenapa harus RSS/Atom, kenapa ga langsung aja ke websitenya?
Adakalanya suatu website mengeluarkan informasi baru dengan kecepatan yang tinggi, bisa ratusan per harinya. Dan belum tentu kita tertarik dengan seluruh informasi tersebut. Akan lebih enak jika kita punya summary untuk seluruh informasi yang ada, dan hanya membuka halaman dari informasi yang menarik untuk dibaca.

Ok, lalu bagaimana caranya untuk menggunakan teknologi ini?
prinsipnya ada 3 langkah utama, yang nantinya akan didetailkan, yaitu:

  1. Aktifkan RSS/Atom Reader software
  2. subscribe website favorit
  3. ulangi langkah 2
Banyak sekali software Reader baik yang diinstall ataupun Web App. Thunderbird atau outlook juga bisa digunakan sebagai RSS/Atom Reader. Namun Saya disini menggunakan Google Reader, karena Saya menggunakan gmail sebagai email pribadi utama, dan tidak ingin menambahkan aplikasi yang diinstall. 

Aktifkan Google Reader
login ke email google anda, Register jika belum punya, maka pada bagian teratas akan terdapat banyak link. Click more dan pilih Reader, seperti pada gambar berikut:
Maka halaman akan berpindah ke google Reader. Dengan begini, Google Reader telah aktif.

Subscribe Website Favorit
dengan mengclick tombol subscribe
akan muncul window kecil untuk memasukkan alamat website favorit, seperti gambar berikut:
Google Reader memudahkan proses website subscription. Biasanya kita perlu mencari link ke RSS/Atom Feed pada suatu website, pada Google Reader hal itu dilakukan secara otomatis. Namun mungkin saja pada software lain terdapat fitur serupa.

Tambahkan beberapa website-website favorit lainnya. Saya memiliki teman yang men-subscribe banyak website sehingga 1 harinya memiliki lebih dari 1000 item untuk dibaca. If you have no idea, Google Reader memiliki fitur rekomendasi untuk memudahkan kita men-subscribe website-website populer. Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment