Thursday, August 2, 2012

Hikmah Dari Upaya Contribute Ke Open Source

Sudah menjadi knowledge umum di internet kalau cara termudah untuk bekerja sama dengan orang-orang brilian di seluruh dunia adalah dengan bergabung ke open-source project mereka. Project-project open-source tertentu memang ada yang sarat dengan ilmu, dan Bombermaaan salah satunya.

Awalnya ngeliat bombermaaan dari game di liberkey, karena dulu waktu kecil suka bermain game itu, maka di download-lah dan dimainkan. Begitu ditekahui bombermaaan itu open source, iseng-iseng checkout source-code-nya, ngeliat to-do list-nya, mau mencoba implement team-mode.

And that turns out to be a good decision, ngeliat code-based-nya project bombermaaan, akhirnya sadar betapa bergunanya komentar kode yang konsisten dan extensive. Author-author sebelumnya seperti memulai coding dengan pseudocode, setelah rampung baru dicoding ke bahasa spesifik (C++). Pseudocode tersebut akhirnya menjadi komentar-komentar yang sangat membantu dalam pembacaan kode, penelusuran kode, dan tentunya dalam memahami apa yang terjadi pada kode.

Selama ini Saya berpikir bahwa naming variabel, method dan class yang baik cukup untuk membuat suatu kode nyaman dibaca. Namun setelah melihat kode bombermaan, hal tersebut saya sadari salah karena meskipun kode tersebut memiliki naming yang baik, komentar-komentar yang berupa pseudocode-nya lah yang paling membantu saya dalam memahami kode.

Saat ini sedang menunggu balasan author-nya untuk request agar mereka melihat hasilnya dan meminta feedback. Semoga lancar dan akhirnya kode dicommit, sehingga bisa dihitung telah benar-benar contribute kode ke open source project.
-------
Update: Author sudah me-reply, dia menyarankan untuk melakukan fork-ing terhadap project ini karena memang tidak ada aktivitas lagi di project ini dari original author-author-nya. Sayang sekali saya belum berpikir untuk memaintain suatu open source project. Berarti saatnya hunting open source project lain untuk berkontribusi. Ada ide?




No comments:

Post a Comment