Sunday, October 14, 2007

Arti kata Jomblo

Hari ini mudik, PP si, karena ke bandung. Gw mendapati suatu kenyataan yang lucu, yaitu mengenai arti kata jomblo.

Jomblo yang kita ketahui adalah sebutan lain dari ga punya pacar atau single. Orang mengatakan 'gw lagi menjomblo' sama artinya 'gw lagi kosong' atau 'gw lagi ga punya pacar'. Suatu kata yang kasual aja, malah cenderung trendy, sampe-sampe dinyanyiin sama Saykoji. Bahkan ada novel yang dikarang Aditya Mulya dengan judul kata tersebut. Sempet jadi film layar lebar dan seri-nya (Yang dihentikan oleh RCTI padahal belom tamat, sial)

Ternyata eh ternyata, kata bibi gw yang dah punya cucu 8 paling tua kelas 1 smp, jaman dulu tuh kata 'jomblo' merupakan kalimat yang tabu waktu jaman dulu. Katanya, kalo orang bilang 'si anu kan jomblo', artinya si anu itu sepanjang hidupnya ga pernah ada yang suka, dan kemungkinan besar ke depannya juga ga akan dapet-dapet pasangan. Orang yang jomblo seakan-akan orang yang hina dan terkutuk,yang kayaknya bakal menjadi perawan pacaran sampe meninggal, Usaha sekeras-kerasnya untuk mendapatkan pasangan akan berbuah kesia-siaan. Serem y?

Yah, detik berlalu, hari berganti, jaman berubah, waktu berlalu.. begitu juga dengan definisi suatu kata. Semoga aja arti 'jomblo' yang gw dapet dari bibi gw, ga menimpa diri gw yang jomblo(single) ini, haha. Meski dah engga mungkin si, karena gw pernah punya pacar.

PS:bagi yang mengira gw dah jadian, mohon maaf, perkiraan itu salah,hehe

5 comments:

  1. jadi dah jadian ni? cih, ga blg2! met slamet ya :)

    ReplyDelete
  2. sama sapa za? sama cewe korea yah

    ReplyDelete
  3. Weew...
    Berarti menurut Bahasa, kata jomblo mengalami ameliorasi alias peningkatan makna ya? Hehehe, hebat ya sy masih inget (aga bangga...).

    ReplyDelete
  4. Jomblo adalah ketenangan, tak semua bisa kita dapat dari pacaran, tapi yang pasti jomblo hanya makhluk Tuhan yang belum diberi pasangan.

    Kunjungi juga ya blog puisi saya . .
    :-)

    ReplyDelete
  5. Istilah Jomblo itu Pertamakali di Populerkan oleh Band GIGI

    ReplyDelete