Saturday, July 25, 2015

HTML 5 Javascript API

Overview

HTML 5 bukan merupakan hal baru, pertama kali dipublish ke public pada tahun 2008, perkembangannya sudah sangat signifikan. Perlahan tapi pasti, browser-browser mulai memfasilitasi HTML 5, atau mungkin sudah memfasilitasi sepenuhnya.

Dari perspektif software development, HTML 5 memberikan API javascript baru yang bermanfaat untuk membuat Web App, beberapa diantaranya seperti Audio, Video memudahkan developer untuk membuat fitur-fitur tertentu yang sebelumnya sulit dilakukan.



Audio dan Video

Belum terlalu lama sebenarnya, untuk suatu halaman web bisa menayangkan video atau memutas musik, perlu download dan install plugin dari third-party vendor. Sekarang tidak lagi.

Saat ini HTML 5 men-support Tag Audio dan Video. Memasang video dan audio pada halaman web menjadi semudah memasang gambar, cukup dengan memberikan tag dan sumbernya


Web Workers

Adakalanya developer perlu membuat lebih dari satu thread untuk memfasilitasi kebutuhan tertentu, dan ini bukan hal gampang pada Web App sebelum HTML 5.

Dengan adanya Web Worker API pada HTML 5, developer bisa membuat background worker yang basically merupakan thread lain karena terpisah dari Main Thread web yang melakukan rendering UI.


Web Sockets

WebSocket merupakan teknologi menarik di HTML 5 karena memungkinkan Web App untuk berkomunikasi dengan server tidak hanya via Http tapi juga via Tcp.

Komunikasi dengan Tcp bersifat persisten dan bi-directional. Persisten memungkinkan Web menerima data tanpa request terlebih dahulu, sedangkan bi-directional memungkinkan server dan web saling mengirimkan data pada waktu yang sama.

LocalStorage

LocalStorage API memungkinkan browser untuk menyimpan data di browser tanpa membutuhkan jaringan. Data bisa dibuat, disimpan, di ambil meski sedang tidak ada koneksi internet.

Meski memiliki kemiripan dengan cookie, sebenarnya mereka memiliki kegunaan yang berbeda, masing-masing memiliki manfaat pada situasi dan kondisinya.


Lain-lain

Banyak API-API lain seperti geolocation, History API, File Writer dan lain-lain. Semua ini merupakan sebuah tools, yang memiliki skenario dan kegunaan yang apabila dimanfaatkan dengan pas, akan membantu developer dalam mengembangkan Web App.



No comments:

Post a Comment