Tuesday, July 21, 2015

Tips Mempercepat Development Web App

Overview

Web-App sudah menjadi mainstream, atau bahkan mulai bisa dikatakan old-school sekarang-sekarang ini, namun bukan berarti membangun Web-App lantas menjadi mudah dan cepat. Memang saat ini banyak sekali teknologi yang dapat digunakan untuk mempercepat proses development Web-App, bahkan mungkin terlalu banyak sehingga mungkin agak membingungkan untuk sebagian orang.

Berikut merupakan beberapa teknologi/konsep yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat development Web-App, antara lain:

  1. Develop dengan Arsitektur Front-End dan Back-End
  2. Manfaatkan Javascript Widget Libraries
  3. Gunakan PostgreSQL
  4. Manfaatkan Scaffolding / Source Code Generator
  5. Gunakan Bootstrap Admin Template

Arsitektur Front-End Back-End

Dewasa ini berkembang istilah Front-End dan Back-End, bahkan terdapat 1 halaman Wikipedia yang menjelaskan hal tersebut. Untuk mendevelop Web-App dengan tim tiga orang atau lebih, arsitektur ini sangat bermanfaat untuk mengelola kompleksitas, karena arsitektur ini memisahkan dengan jelas UI/UX dengan inner engine dibaliknya, sehingga comply dengan prinsip Separation of Concern, dimana prinsip tersebut merupakan best practice dalam Software Development.

Javascript Widget Libraries

Widget Javascript Libraries dapat mempercepat development karena menyediakan widget-widget yang langsung bisa dipergunakan dengan sedikit kode, bahkan umumnya tidak ada logic pada kode, hanya setting-setting dan konfigurasi saja. Selain itu, Widget umumnya bersifat komponen based sehingga dapat mengunakan berbagai macam libraries sekaligus atau dipadukan dengan Javascript Framework seperti AngularJS, EmberJS dll. Dengan kerugian hanya bentuknya yang standard dan mungkin loading time pertama kali lebih lama, trade-off-nya masih lebih condong ke positif daripada negatif.

PostgreSQL

Jika Oracle merupakan pilihan solid untuk database enterprise, maka PostgreSQL merupakan ekuivalent Oracle pada dunia open source. PostgreSQL memiliki fitur-fitur hebat yang umumnya tidak ada di database lain. Googling PostgreSQL vs Database lain akan memberikan perspektif kapan sebaiknya postgreSQL digunakan dibanding database lain, yang tampaknya lebih sering daripada tidak.

Source Code Generator

Dengan hanya sedikit menulis kode, generate, and BAM! jadilah simple version dengan fully functional features. Sayangnya, menggunakan source code generator ibarat pedang bermata dua, namun jika dipergunakan dengan pas, akan lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya. Salah satu prinsip untuk menggunakannya dengan baik adalah: Hindari men-Generate 2 kali untuk hal yang sama.

Bootstrap Admin Template

CSS Framework tidak hanya bootstrap, banyak pilihan lain yang sebenarnya tidak kalah bagus. Namun khusus untuk Admin Template yang based on Bootstrap, pilihannya sangatlah baaanyaaakk. Dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk menghemat waktu dalam melakukan design, akan jauh lebih efektif jika melakukan modifikasi dari Template yang sudah dipilih, tidak perlu memulai dari nol.




Bagaimana dengan anda, adakah teknologi/prinsip yang anda pergunakan untuk mempercepat proses development web-app?




No comments:

Post a Comment